Dihadiri Walikota yang Juga Alumni, IKA Unhas Gorontalo Gelar Buka Puasa dan Penyaluran Sembako

Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin Korwil Gorontalo melaksanakan buka puasa bersama dilanjutkan penyaluran bantuan sembako yang dikumpulkan dari sumbangan alumni kepada kaum Dhuafa yang berhak menerima di Rumah Bendahara Alumni Ibu Hartati Isima jln. Jenderal Sudirman Kota Gorontalo/ depan RM. Pinos (18/4/2022).

Ketua IKA Unhas Dahlan Usman, SE, M. Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa ini kegiatan amalia Ramadhan sudah 2 tahun dilaksanakan sama dengan tahun sebelumnya.

“Adapun kegiatan amalia Ramadhan tahun ini meliputi buka puasa bersama dengan seluruh alumni yang ada di Gorontalo, pengumpulan Donasi paket sembako dari alumni dan diserahkan kepada kaum dhuafa, Halal Bi halal yang akan direncanakan akhir bulan Mei dan sesuai jadwal sekarang Ust. Das’ ad Latif siap hadir serta Qur’ban untuk Alumni, semoga kita semua diberikan kesehatan” jelasnya.

Dahlan Usman menjelaskan, kami mengupkan terima kasih kepada Walikota Gorontalo atas kehadirannya pada buka puasa hari ini.

“Pak Marten Taha sudah resmi menjadi alumni Unhas pasca promosi Doktor dan mendapat gelar cumlaude di bidang antropologi. Terima kasih juga atas kehadiran kakanda, teman – teman dan adinda yang hadir pada kesempatan, ini kegiatan buka sekaligus silaturrahim sesama Alumni di Gorontalo,” tutupnya.

Walikota Gorontalo Dr. H. Marten Taha, SE, M. Ec. Dev dalam sambutannya menyampaikan syukur alhamdulillah kita diberi kesehatan sehingga bisa bersilaturrahim dalam rangka untuk mempererat tali kekeluargaan diantara kita sebagai alumni Unhas.

“Saya sendiri baru 21 hari jadi alumni tapi belajar di Unhas sekitar 2 tahun 3 bulan menyelesaikan program Doktor di Fisip Unhas khususnya Prodi Antropologi” jelasnya.

Marten Taha menjelaskan, Kenapa saya ambil Antropologi padahal S1 S2 saya Ekonomi, karena persoalan ekonomi sekarang harus didekati dengan Ilmu Antropologi, coba lihat sekarang para konsultan bank dunia itu, dulu di zaman orde baru diisi oleh orang ekonom, namun sekarang 60 % orang antropologi. Sebab persoalan – persoalan kemasyarakatan tidak hanya didekati dengan persoalan ekonomi tetapi juga dengan pendekatan Antropologi, karena itu hal yang paling dasar di dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga saya mengambil program studi Antropologi Kebijakan Publik, yang tujuannya bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Lokus dan Fokus penelitian saya di Kota Gorontalo yang menjadi program saya jalankan yaitu kartu sejahtera, ternyata kartu sejahtera sebuah model berbasis ekonomi namun terkait dengan sosial kemasyarakatan yang basicnya Antropologi, ini penjelasan saya sebagai alumni Unhas. Pada 28 Maret kemarin saya dinyatakan sebagai lulusan Antropologi, menurut dekan dan penguji, Saya ini Antropologi dan walikota pertama yang lulus dengan Cumlaude, banyak yang Cumlaude tapi bukan walikota, ada juga kepala daerah tapi tidak Cumlaude , Kepala Daerah yang Cumlaude Marten Taha kata dekan Fisip pada saat promosi” jelasnya.

Doktor antropologi menjelaskan, Alhamdulillah saya boleh bergabung bersama – sama Alumni Unhas, apa yang bisa kita sumbangkan untuk alumni dibawah kepemimpinan Ika Unhas yang baru bapak Amran Sulaiman, banyak program menarik dari beliau yang perlu kita jalankan.

Dr. Andres Kango sebagai pembawa tausiyah sebelum buka puasa menyampaikan bahwa manusia adalah mahluk yang sempurna diciptakan oleh Allah.

“Jangan sampai kita berada di posisi derajat terendah, maka Allah menfasiltasi manusia agar kita mendapatkan derajat yang tertinggi dan mulia. Ada 3 sarana dan fasilitasi Allah untuk kembali mulia yaitu dengan pertama Fasilitas kalimat Istigfar, kedua Fasilitas Sholat dan ketiga menyiapkan bulan suci Ramadhan, inilah fasiltasi Allah agar kita tetap mulia di sisiNya,” tutupnya.

SUMBER BERITA

Unhasian.com adalah platform media komunitas. Setiap penulis bertanggungjawab atas tulisannya masing-masing.

Jangan Lewatkan: