Banyak Tokoh Hebat Siap Jadi Ketua, Prof Idrus Paturusi Usul IKA Unhas Pakai Sistem Presidium

Satu per satu Alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) menyatakan siap menjadi calon Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Unhas, IKA Unhas.

Pimpinan Pusat sudah menetapkan, Mubes IKA Unhas digelar di Makassar, 4-6 Maret 2022.

Panitia lalu menetapkan tempat di Four Point By Sheraton, Jalan Andi Djemma, Makassar.

Steering Committee Mubes IKA Unhas membuka pendaftaran calon ketua sejak 20 Februari 2022.

“Sistem presidium mungkin bisa jadi alternatif dimana pimpinan dalam bentuk kolektif, kolegial, seperti KAHMI misalnya,” ujar Ketua Harian IKA Unhas, Prof Idrus Paturusi, beberapa waktu lalu.

Menurut Prof Idrus Paturusi, mereka yang disebut-sebut calon Ketua IKA Unhas itu memiliki potensi luar biasa untuk mengembangkan IKA Unhas.

“Andaikan para pemilik suara bisa menyatukan potensi ini dalam satu wadah, maka pastilah akan memberikan warna dan kekuatan yang positif untuk pengembangan IKA Unhas,” kata Prof Idrus Paturusi.

Rektor Unhas 2006-2014 itu berharap sistem kepemimpinan presidium dijadikan salah satu alternatif pilihan untuk diterapkan di IKA Unhas.

“Tapi sekali lagi ini ditentukan oleh pemilik suara. Masa depan IKA Unhas sangat tergantung dari para alumninya.  Semoga IKA Unhas yang kita cintai ini dapat dikelola lebih maksimal lebih solid dan tidak jadi ajang persaingan,” jelas Prof Idrus Paturusi.

Calon ketua muncul dan dimunculkan di sejumlah group WhatsApp. Salah satunya di WAG  Alumni Unhas.

Sedikitnya sudah 17 calon Ketua Umum IKA Unhas mengemuka.

“Alhamdulillah  menjelang Mubes IKA Unhas bermunculan tokoh dan figur yang bersedia dan punya kemampuan menjadi calon ketua IKA Unhas,” ujar Ketua Harian IKA Unhas Prof Idrus Paturusi.

Mantan Dekan Fakultas Kedokteran Unhas itu menilai, banyak figur calon Ketua IKA Unhas yang muncul tidak lepas dari penyampaian sikap Ketua Umum IKA Unhas Jusuf Kalla yang tidak bersedia lagi menjadi calon Ketua IKA Unhas.

“Pak JK mengharapkan agar yang menggantikan adalah tokoh yang sudah berkiprah di tingkat nasional, seperti SYL (ketua IKA F Hukum), AAS, Haedar, (ketua IKATEK), Asmawi, Iqbal Latanro, (ketua IKAFE), A Fahsar Padjalangi (ketua IKA FISIP), Agus AN (ketua IKA Pertanian), dan banyak lagi tokoh-tokoh muda,” jelas Prof Idrus Paturusi.

Di antara yang disebut-sebut sebagai calon Ketua IKA Unhas, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Direktur Utama Nindya Karya Haedar A Karim, mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (AAS), dan Prof Yusran Yusuf.

Juga Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, Anggota DPR RI Suhardi Duka, Ketua Umum Ikatan Sarjana Kelautan (Isla) Darwis Ismail, dan mantan Ketua Senat FE Unhas M Suaib Mappasila.

Demikian juga mantan Ketua KPK RI Abraham Samad, mantan Wagub Sulsel Agus Arifin Nu`mang, Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Asmawi Syam, dan Ketua IKA FE Unhas Iqbal Latanro.

“Mereka-mereka itu punya pengalaman untuk tidak diragukan lagi menakodai IKA Unhas.

Prof Idrus Paturusi termasuk tokoh yang diunggulkan menggantikan JK memimpin IKA Unhas.

“Menjadi ketua IKA sebenarnya adalah pengabdian yang akan bertanggung jawab pada alumni dan almamaternya. Jadi siapapun yang terpilih harus fokus,” tegas Prof Idrus Paturusi.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Timur.com dengan judul Banyak Tokoh Hebat Siap Jadi Ketua, Prof Idrus Paturusi Usul IKA Unhas Pakai Sistem Presidium, https://makassar.tribunnews.com/2022/02/21/banyak-tokoh-hebat-siap-jadi-ketua-prof-idrus-paturusi-usul-ika-unhas-pakai-sistem-presidium?page=2.

 

Unhasian.com adalah platform media komunitas. Setiap penulis bertanggungjawab atas tulisannya masing-masing.

Jangan Lewatkan: