Rakor IKA UNHAS Jabodetabek 2022: Dari Wacana Suksesi Hingga Konsolidasi Organisasi

Rapat Koordinasi IKA UNHAS Jabodetabek yang dilaksanakan di Hotel Merlynn Park Jakarta Pusat, Sabtu,28 Mei 2022 berjalan sukses dan lancar dihadiri sejumlah utusan IKA Fakultas se-Jabodetabek. Rapat Koordinasi  ini membahas 4 hal pokok yaitu, Evaluasi Kegiatan sepanjang masa kepengurusan, Persiapan Halal bi Halal/Silaturrahmi IKA UNHAS Jabodetabek, Persiapan kegiatan Merdeka Cup 2022 dan Pembahasan tentang suksesi Ketua IKA UNHAS Jabodetabek.

Dalam kata sambutannya, Ketua IKA UNHAS Periode 2022-2026, DR.Andi Amran Sulaiman, melalui Zoom di Makassar menyatakan Selama beberapa waktu terakhir, peran penting IKA UNHAS Jabodetabek telah dijalankan dengan baik sebagai barometer dan cermin kesuksesan kegiatan IKA Unhas.

“Saya berharap ini bisa terus dilanjutkan, terlebih melihat potensi besar alumni Unhas yang ada di Jabodetabek yang sangat menonjol dan bisa memberikan “warna” bagi kegiatan-kegiatan IKA UNHAS di masa depan. Saya akan hadir bersilaturrahmi dan berdiskusi bersama teman-teman alumni Unhas Jabodetabek dalam satu-dua bulan mendatang disana,” tutur Amran sumringah.

Pada kesempatan berikutnya, Ketua IKA UNHAS Jabodetabek periode 2019-2023, Muhammad Ismak menyampaikan sejumlah rangkaian kegiatan dalam masa periode kepengurusan sejak dilantik 3 tahun silam.

“Harus diakui,kondisi Pandemi Covid 19 yang melanda negeri kita, sedikit banyak cukup membuat gerak kegiatan IKA Unhas Jabodetabek menjadi terbatas. Meskipun demikian, kita telah menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mendukung pemerintah dalam penanganan Pandemi baik melalui Bantuan Sosial bagi keluarga tidak mampu, juga melaksanakan kegiatan Vaksinasi massal Covid 19 tahap 1 dan tahap 2 bekerjasama dengan PT.Nindya Karya pada Juli-Agustus tahun lalu yang diikuti oleh lebih dari 1000 orang,” ujar Ismak.

Dalam rapat pleno yang dipimpin oleh Muhammad Suaib, didampingi 4 orang Steering Committee perwakilan IKA Fakultas, dibahas soal wacana suksesi pergantian Ketua Umum IKA UNHAS  Jabodetabek yang saat ini merangkap juga sebagai Ketua Harian III IKA UNHAS periode 2022-2026, serta pembahasan program Halal bi Halal dan Merdeka Cup 2022.

Dalam diskusi, sempat terbahas pula soal kontraversi mengenai status IKA UNHAS Jabodetabek yang terkesan tidak terakomodir dalam AD/ART terbaru hasil Mubes IKA UNHAS bulan Maret lalu. Sejumlah peserta Rakor beranggapan bahwa dengan mendefinisikan IKA Wilayah pada AD/ART IKA UNHAS mengeliminir status IKA UNHAS Jabodetabek yang merangkum aglomerasi wilayah strategis di seputar Ibukota. Diharapkan eksisensi IKA UNHAS Jabodetabek tetap dipertahankan dan diakomodir. Terkait mengenai hal ini, pihak IKA UNHAS Jabdetabek akan mendiskusikan lebih lanjut bersama Pengurus Pusat IKA UNHAS.

Terkait wacana mengenai pergantian Ketua IKA UNHAS Jabodetabek, direncanakan seusai pelaksanaan Merdeka Cup 2022 hal ini akan dibicarakan secara intens dalam semangat kebersamaan dan kekeluargaan diawali dengan diskusi internal Pengurus inti IKA UNHAS Jabodetabek.

Pada kesempatan berikutnya, menindaklanjuti sambutan dari Ketua IKA UNHAS, dibahas pula persiapan rencana Silaturrahmi IKA UNHAS Jabodetabek yang akan digelar pada sekitar Juli 2022, sebelum pelaksanaan Merdeka Cup 2022.

Sebagai penutup agenda sidang, Ketua IKA FISIPOL Unhas Haris Rahim yang akan bertindak sebagai penyelenggara Merdeka Cup 2022, mempresentasikan rencana pelaksanaan kegiatan akbar tersebut yang dilaksanakan pada Agustus 2022 nanti.

“Kita akan mengusung konsep Ceria, Sejuk dan Riang Gembira dalam kegiatan ini, serta bakal menggelar sejumlah acara menarik yang akan melibatkan seluruh Alumni Unhas se-Jabodetabek bersama keluarganya. Tentunya kami sangat mengharapkan dukungan segenap pihak Alumni UNHAS khususnya, untuk mensukseskan acara ini,” ujar Haris bersemangat.

Rangkaian kegiatan Rakor IKA UNHAS Jabodetabek berakhir pukul 13.30 WIB dan ditutup dengan foto bersama serta makan siang dimana beberapa diantaranya “dimeriahkan” oleh kuliner khas Makassar sumbangan dari berbagai IKA Fakultas se-Jabodetabek.

 

 

Unhasian.com adalah platform media komunitas. Setiap penulis bertanggungjawab atas tulisannya masing-masing.

Jangan Lewatkan: