Unhas Luncurkan Program Dana Abadi sebagai Wadah Kontribusi Alumni untuk Pengembangan Tridarma

Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., secara resmi meluncurkan endowment fund (dana abadi), sebagai salah satu wadah bagi alumni untuk berperan dan berkontribusi dalam pengembangan tridarma perguruan tinggi. Kegiatan peluncuran ini berlangsung pada Minggu (6/3) yang dirangkaikan dengan Acara Jalan Santai IKA Unhas.

Prof. Dwia menyampaikan dalam sambutannya bahwa saat ini alumni Unhas telah mencapai 204.410 orang. Dengan jumlah ini, tentunya posisi alumni mempunyai kekuatan dan posisi strategis bagi perguruan tinggi. Dukungan dan partisipasi para alumni untuk pengembangan dan pembangunan Unhas diperlukan.

Dana Abadi merupakan upaya pengumpulan dana yang dikelola oleh sebuah lembaga dari berbagai donatur, baik individu maupun institusi, untuk keperluan sosial. Peruntukan dana tersebut disepakati dengan para donatur. Mekanisme ini lumrah ditemukan di berbagai negara dan pada berbagai institusi, sebagai upaya untuk mewujudkan tanggung jawab sosial institusi.

“Ini merupakan program yang membuka peluang bagi alumni untuk memberikan donasi dalam rangka berkontribusi untuk pengembangan tridarma. Kami percaya, dengan jumlah alumni yang luar biasa, akan dapat menyukseskan program ini,” jelas Prof. Dwia.

Donasi yang terkumpul dalam Dana Abadi Unhas akan dikelola dan dimanfaatkan untuk peningkatan pembangunan. Bentuk donasi sendiri bisa berupa uang, aset, atau instrumen lainnya. Pemanfaatan hasil donasi yang terhimpun dalam Dana Abadi akan berfokus pada beberapa aktivitas utama, antara lain beasiswa, penguatan inovasi dan riset, penguatan kebermanfaatan dan pengabdian pada masyarakat, serta implementasi kampus hijau.

Kehadiran program Dana Abadi merupakan salah satu cara atau langkah strategis untuk merekatkan alumni dengan kampus. Banyak alumni yang telah mencapai taraf keberhasilan tertentu dalam pengabdian di masyarakat, dan mereka ingin berkontribusi melalui universitas.

Melalui Dana Abadi pendidikan tinggi yang dikelola oleh Unhas secara langsung menjadi potensi besar untuk mendukung kegiatan sosial kemasyarakatan. Termasuk memberikan bantuan dan beasiswa kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Saat ini, terdapat sejumlah mekanisme untuk membantu kelompok masyarakat tersebut, akan tetapi belum seluruhnya dapat terjangkau.

Bagi para alumni Unhas yang ingin berpartisipasi pada berbagai upaya strategis pengembangan kampus, dapat terlibat melalui program Dana Abadi dengan mendonasikan melalui Bank BNI dengan nomor rekening 1344390183. (*/mir)

SUMBER WEBSITE UNHAS

Unhasian.com adalah platform media komunitas. Setiap penulis bertanggungjawab atas tulisannya masing-masing.

Jangan Lewatkan: