Amran Sulaiman Terpilih Sebagai Ketua Umum IKA Unhas Periode 2022 – 2026

Agenda terakhir Musyawarah Besar Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin tahun 2022 adalah pemilihan Ketua Umum IKA Unhas Periode 2022-2026. Ketua IKA Unhas sebelumnya, H.M. Jusuf Kalla, telah menyatakan tidak ingin dipilih kembali, dan berharap kepemimpinan IKA Unhas dapat dilanjutkan oleh generasi yang lebih muda.

Proses pemilihan Ketua Umum IKA Unhas Periode 2022 – 2026 berlangsung pada Sabtu (5/3). Tahapan yang dimulai pukul 13.30 WITA ini cukup alot, namun tetap berlangsung dalam suasana kekeluargaan.

Tahapan didahului oleh pengusulan bakal calon oleh masing-masing perwakilan IKA Fakultas dan IKA Wilayah. Pada tahapan ini, sebanyak 8 nama yang diusulkan, yaitu:

1. Dr Ir H Andi Amran Sulaiman MP
2. Darwis Ismail
3. Dr Syahrul Yasin Limpo SH MSI MH
4. Ir Haedar Abdul Karim
5. Muhammad Suaib Mappasila
6. Muhammad Ismak
7. Prof Dr dr Idrus A Paturusi

Selanjutnya, Presidium Sidang meminta kesediaan dari masing-masing bakal calon. Dari proses ini, sebanyak 5 bakal calon menyatakan ketidaksiapan, dengan berbagai alasan yang berbeda-beda. Prof. Idrus Paturusi menyampaikan bahwa dirinya sedang isolasi mandiri. Sementara kandidat lain menyatakan ingin memberikan kesempatan kepada yang lebih senior.

Dengan demikian, maka sebanyak 3 orang figur ditetapkan sebagai figur calon Ketua Umum IKA Unhas Periode 2022 – 2026, yaitu:

1. Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP
2. Ir. Haedar Abdul Karim
3. Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH.

Ketiga calon kemudian diagendakan untuk menyampaikan visi dan misi dihadapan seluruh peserta mubes, baik hadir secara luring di Hotel Four Points, Makassar, maupun yang mengikuti secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Sebanyak 500 peserta mengikuti melalui zoom meeting.

Hingga akhir penyampaian misi dan visi, salah satu calon, yaitu Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH, tidak hadir. Setelah melalui proses diskusi dan pembahasan, akhirnya proses pemilihan tetap berlanjut, hanya diikuti oleh dua calon, yaitu Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP, dan Ir. Haedar Abdul Karim.

Pemilihan yang diikuti oleh delegasi yang memiliki hak suara, dimana sesuai deliberasi dari ketentuan AD dan ART, terdapat sebanyak 125 suara, yang berasal dari IKA Fakultas, IKA Wilayah, Badan Otonom, dan Perwakilan Pengurus Pusat periode sebelumnya.

Hasil pemilihan dimenangkan oleh Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman yang meraih 82 suara. Sementara Ir. Haedar Abdul Karim meraih 43 suara. Presidium Sidang kemudian menetapkan Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman sebagai Ketua Umum Terpilih IKA Unhas Periode 2022 – 2026.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penutupan Mubes IKA Unhas tahun 2022 pada pukul 22.00 WITA. Turut hadir pada acara ini, Ketua Umum IKA Unhas Periode 2017 – 2021 (H.M. Jusuf Kalla), Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA), Rektor Unhas Terpilih (Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa), serta beberapa tokoh, para dekan, ketua-ketua IKA Fakultas dan ratusan peserta Mubes.

Hadir pula calon yang tidak mengikuti proses pemilihan, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH. Kehadirannya membawa suasana sejuk, dan menandai berakhirnya proses musyawarah besar IKA Unhas yang berakhir dalam suasana sejuk dan penuh keriangan.(*/ir)

sumber website Unhas

Unhasian.com adalah platform media komunitas. Setiap penulis bertanggungjawab atas tulisannya masing-masing.

Jangan Lewatkan: