Menelisik Sosok dan Kiprah Gemilang Haedar A. Karim, Calon Ketua Umum IKA UNHAS

Musyawarah Besar Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (UNHAS) yang bakal digelar 4-6 Maret 2022 nanti, salah satu agenda pentingnya adalah pemilihan Ketua IKA UNHAS menggantikan posisi H. M. Jusuf Kalla, mantan Wapres RI, yang telah menduduki jabatan ini selama lebih dari 25 tahun.

Beberapa figur Alumni Universitas terbesar di Indonesia Timur ini, mengemuka dan menjadi sosok yang digadang-gadang akan menjadi Ketua IKA UNHAS periode mendatang.

Salah satu diantaranya adalah Haedar.A.Karim yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua IKA Teknik Unhas yang akan bersaing dengan nama-nama beken Alumni Unhas lainnya Syahrul Yasin Limpo (sekarang menjabat sebagai Menteri Pertanian RI dan mantan Gubernur Sulawesi Selatan) dan A.Amran Sulaiman (mantan Menteri Pertanian RI periode 2014-2019), juga Husain Abdullah (mantan Juru Bicara Wapres RI H.M.Jusuf Kalla).

Haedar.A.Karim yang kini memasuki periode kedua (2019-2023) sebagai Ketua Ikatan Alumni Teknik Universitas Hasanuddin tampil sebagai salah satu harapan segenap alumni Unhas sebagai figur baru yang akan memimpin Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Terbesar di Indonesia Timur ini.

Pada Rapat Koordinasi IKA Teknik UNHAS yang dilaksanakan pada 27 Oktober 2021 silam, sosok sang Ketua Umum sepakat diberikan amanah untuk maju sebagai kandidat calon Ketua Umum IKA Unhas.

“Saya akan melaksanakan amanah dari Rakor, jadi kita harus mempersiapkan sesuai amanah Rapat Koordinasi tersebut,” tutur Haedar seperti dikutip dari Tribun Timur, Minggu (6/2) .

Sinergi Bersama Almamater

Sejak terpilih sebagai Ketua Ikatan Alumni Teknik Unhas tahun 2014, Haedar banyak melakukan gebrakan seperti melakukan konsolidasi organisasi secara massif termasuk membentuk dan melantik IKA Teknik Unhas di 6 wilayah (Sumatera, JakbanJabar, Kalimantan, Jatimteng, Sulawesi, Bali Nusra) juga secara aktif merangkul Ikatan Alumni Teknik Tingkat Jurusan melalui berbagai kegiatan kolaboratif.

Tidak hanya itu, Ikatan Alumni yang dipimpin oleh Alumni Teknik Sipil Unhas angkatan 1978 ini juga aktif menjalin kerjasama dengan organisasi lintas organisasi seperti Persatuan Insinyur Indonesia (PII) untuk mendorong alumni Teknik Unhas melakukan sertifikasi untuk menunjang karir profesionalnya. Haedar juga aktif menjalin komunikasi dengan HIMPUNI (Perhimpunan Organisasi Alumni PTN Indonesia) serta organisasi berbasis profesi lainnya.

IKA Teknik Unhas dibawah kepemimpinan Haedar juga menggagas kegiatan IKATEK Peduli yang senantiasa berada di garis depan membantu korban bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia melalui koordinasi intens bersama pengurus IKA Teknik masing-masing pada wilayah terdampak bencana.

Aksi IKATEK Peduli dan Tim Reaksi Cepat IKATEK UNHAS membantu korban bencana gempa di Mamuju, bencana banjir di Pulau Lembata NTT, bencana banjir di Jakarta, korban kebakaran di Makassar terbukti memberikan kontribusi berarti bagi masyarakat.

Pada akhir tahun silam Tim DMC (Disaster Management Center) IKA Teknik UNHAS menjalin kerjasama dengan Tim Nindya Karya Peduli untuk berkolaborasi menjalankan kegiatan-kegiatan sosial untuk mitigasi dan pasca bencana.

Tidak hanya itu, saat Pandemi Covid 19 melanda nusantara, IKA Teknik UNHAS melakukan aksi donasi APD kepada petugas kesehatan/paramedik lewat penggalangan sumbangan dari alumni.

Dalam beberapa waktu terakhir, sinergitas bersama almamater juga aktif dijalankan oleh IKA Teknik Unhas, tidak hanya bersama Fakultas Teknik namun juga Universitas Hasanuddin.

Pada level fakultas, IKA Teknik Unhas mengutus alumni-alumni terbaiknya untuk berbagi pengalaman bersama mahasiswa Teknik melalui kuliah umum bahkan saat ini IKA Teknik Unhas menggagas pembangunan Masjid Al-Ilmi yang berada didalam lingkungan Fakultas Teknik Unhas di Gowa. Masjid tersebut sudah dimulai pembangunannya sejak pertengahan tahun lalu.

Sementara itu di level Universitas, IKA Teknik UNHAS dibawah pimpinan Haedar.A.Karim banyak melakukan komunikasi aktif dengan pimpinan UNHAS.

Pada bulan Maret 2020, untuk penanganan pandemi Covid 19, IKA Teknik UNHAS menyumbangkan bilik desinfektan karya Alumni Teknik Mesin kepada Rektor UNHAS Prof.Dr.Dwia Ariestina Pulubuhu, MA disaksikan langsung oleh anggota Wali Amanat Unhas Prof.Dr.Ir.Syamsul Bahri, MT dan Direktur Komunikasi UNHAS Dr.Ir.Suharman Hamzah, MT.

Kiprah sebagai Direktur Utama BUMN Nindya Karya

Saat ini, Haedar.A.Karim masih menjabat sebagai Direktur Utama BUMN PT.Nindya Karya (Persero) yang dilantik berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Sebelum resmi menjabat sebagai Direktur Utama PT Nindya Karya, Haedar A Karim menjabat sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Dirut sejak tahun 2019 lalu.

Pria kelahiran Makassar, 15 November 1959 ini merintis karir dari bawah sebagai Kepala Proyek Perkampungan Nelayan Tanjung Kasuari Sorong di PT Nindya Karya Cabang VII Papua.

Sebelum terpilih sebagai Dirut pernah menduduki jabatan penting antara lain General manager Teknik dan Pemasaran serta Kepala Divisi Konstruksi dan Properti.

Selama menjabat sebagai Direktur Nindya Karya, BUMN ini berhasil meraih berbagai prestasi. Seperti dikutip dari situs resminya, PT. Nindya Karya mendapatkan penghargaan sebagai BUMN Branding dan Marketing Award 2020, BUMN Performance Excellent Award 2020 Kategori Good Performance, BUMN Award 2020 Kategori Transformasi Organisasi dan ditahun 2021 Nindya Karya mendapatkan penghargaan BUMN Award Kategori Transformasi Bisnis dan Organisasi.

Pada tanggal 21 Oktober 2021, PT Nindya Karya (Persero) berhasil mencatatkan prestasi gemilang di Dunia Internasional melalui penghargaan bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan kategori Concered Company Award dari World Safety Organization (WSO).

Selama masa kepemimpinannya, selaku Direktur Utama PT Nindya Karya (Persero), Haedar .A.Karim berhasil merintis kerjasama dalam pengembangan kilang (Refinery Development Master Plan/RDMP). Pertamina menjajaki kerja sama dengan PT Nindya Karya (Persero), dan konsorsium perusahaan Korea melalui penandatanganan nota kesepahaman yang ditandatangani pada Mei 2020 lalu.

Di bulan Juli dan Agustus 2021, PT. Nindya Karya (Persero) bekerjasama dengan IKA UNHAS, menyelenggarakan Vaksinasi Covid 19 bertempat di Gedung Nindya Karya Cawang.Lebih dari 1000 orang yang berasal dari keluarga alumni UNHAS, keluarga Nindya Karya dan masyarakat tervaksin dalam kegiatan yang merupakan salah satu bentuk komitmen bersama  mendukung upaya pemerintah dalam memutus tali penyebaran Covid-19 di seluruh lapisan masyarakat ***

Unhasian.com adalah platform media komunitas. Setiap penulis bertanggungjawab atas tulisannya masing-masing.

Jangan Lewatkan: