Ika Unhas Bentuk Ika Unhas Wilayah Jatim, Dilantik Bersama Pengurus Kaltim, Sultra dan Papua Barat

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR – Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin ( Ika Unhas) HM Jusuf Kalla melantik pengurus Ika Unhas Wilayah Jawa Timur, Sabtu (28/11/2020).

Pelantikan Ika Unhas Wilayah Jawa Timur Periode 2020-2024 ini berlangsung secara virtual bersama tiga wilayah lainnya, yaitu Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, dan Papua Barat.

Sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) terbesar di kawasan timur Indonesia, Unhas membentuk wadah alumni di beberapa wilayah termasuk wilayah Jawa Timur.

Pengurus wilayah Jawa Timur mengikuti prosesi pelantikan di sebuah rumah makan di Surabaya.

Acara pelantikan ini yang juga dihadiri Direktur Alumni Unhas beserta rombongan dan pengurus pusat Ika Unhas.

Mengingat kondisi pandemi Covid-19, sebagian pengurus dan sejumlah anggota alumni lainnya mengikuti pelantikan Ika Unhas Korwil Jatim tersebut secara virtual.

Ketua Umum Ika Unhas HM Jusuf Kalla dalam sambutannya menyampaikan tujuan pembentukan wadah alumni dan juga harapan kepada alumni untuk ikut berperan aktif dalam pembangunan bangsa.

Menurutnya keberadaan wadah ini sangat strategis bagi penguatan peran Ika Unhas dalam berbagai kiprah kebangsaan.

Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu yang juga hadir secara virtual, menyampaikan perkembangan unhas dan berbagai harapan kepada alumni.

Terutama untuk terus bersinergi membangun negeri dengan latar belakang pengalaman masing-masing secara profesional.

Ketua IKA Korwil Jawa Timur yang terpilih, Prof Dr Ir Buana Ma’ruf MSc MM FRINA, dalam sambutan singkatnya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya.

“Terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya, terutama kepada Ketua Umum Ika Unhas Jusuf Kalla atas pembentukan pengurus wilayah Jatim,” ujar Buana Maruf.

Buana Ma’ruf mengatakan banyak sekali alumni Unhas dari berbagai fakultas dan program studi yang mengabdikan diri di wilayah Provinsi Jawa Timur, khususnya di Surabaya.

Mereka menyebar di berbagai bidang profesi, diantaranya praktisi industri, akademisi, peneliti, profesi dokter, praktisi hukum, pemerintahan, pelaku usaha, dan lain-lain.

Buana menyampaikan dengan wadah ini diharapkan para alumni di Jawa Timur dapat membangun silaturahim dan komunikasi antar alumni.

Terutama dalam rangka ikut berperan lebih optimal dalam pembangunan dan pengembangan profesi masing-masing.

Serta ikut memberikan masukan dan solusi terhadap tantangan-tantangan yang dihadapi bangsa ini dalam membangun kemandirian dan keunggulan di era revolusi industri 4.0.

Buana menambahkan, pengurus yang dibentuk terdiri dari, Dewan Pertimbangan, Dewan Pakar, dan Pengurus Inti serta beberapa bidang sesuai kebutuhan.

Jumlah alumni Unhas di Jatim diperkirakan sekitar 1.000 orang, namun yang sempat terdata nama dan alamatnya dalam seminggu ini baru sekitar 200 orang.

Pendataan ini akan terus dilakukan sebagai langkah awal sebelum dilakukan rapat kerja pertama.

Pembentukan wadah ini juga disambut antusias oleh para alumni, diwujudkan saat memberikan donasi untuk pelantikan Pengurus dan kas awal organisasi. (*)

Pengurus Kaltim, Sultra dan Papua Barat, https://makassar.tribunnews.com/2020/11/29/ika-unhas-bentuk-dan-lantik-pengurus-ika-unhas-wilayah-jatim-bersama-kaltim-sultra-dan-papua-barat?fbclid=IwAR0H456V3ytI8vg_G5juXC3u_znG2hCm4ApqiHif6umIJG6MkNSI-DBhJx0.

Editor: Arif Fuddin Usman

Unhasian.com adalah platform media komunitas. Setiap penulis bertanggungjawab atas tulisannya masing-masing.

Jangan Lewatkan: