Pengurus IKA Unhas Hadiri Seminar dan Dialog Nasional HIMPUNI

Terkini.id, Jakarta – Perhimpunan Alumni Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia (HIMPUNI) menggelar Seminar dan Dialog Nasional bertajuk “Milenial Indonesia dalam Ekonomi Kreatif di Era Industri 4.0” yang diselenggarakan di JIEXPO Kemayoran Jakarta Utara, Rabu, 3 April 2019.

Seminar dan Dialog Nasional ini dibuka oleh Koordinator Presidium II HIMPUNI Ir. Budi Karya Sumadi.

Budi dalam sambutannya menyatakan bahwa HIMPUNI akan terus mendorong para milenial Indonesia di dalam menekuni ekonomi kreatif di era industri 4.0 ini.

Pemerintah juga, kata Budi Karya, berusaha semaksimal mungkin untuk mendorong Industri Indonesia, baik itu UMKM nya maupun sektor lain yang berkaitan dengan ekonomi kreatif dengan membangun sarana dan prasarana infrastruktur.

Acara ini menghadirkan beberapa pembicara dari dalam dan luar negeri. Duta Besar Korea untuk Indonesia Mr. Kim Chang-Beom hadir memaparkan success story of creative economy di Korea.

Mr. Kim mempresentasekan tentang K-Wave di Korea yang oleh Dr. Joseph Nye (Harvard University Professor) adalah growing popularity of all things in Korean, from fashion and film to music and cuisine”.

Mr. Kim sangat optimis dengan belajar dari model K-Wave di Korea and model ekonomi ekonomi kreatif di dunia, Indonesia bisa lebih baik dari lainnya apabila terus dikembangkan lebih serius lagi.

Gita Gutawa sebagai pembicara kedua memaparkan bagaimana industri musik dunia mengalami perubahan fase yang dikenal dengan The Four Key Phases of the Evolution of Digital Music antara lain Rise of Privacy Networks in 1999, Rise of Download Stores in 2003, Rise of Screaming Services in 2008 dan Rise of Curated and Listen Services in 2013/2014.

Gita melihat bagaimana industri musik dunia dipengaruhi oleh kemajuan teknologi digital. “It is inevitable,” kata Gita.

Pembicara ketiga adalah Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia.

“Baru di era pemerintahan kali ini bidang Ekonomi Kreatif mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah yang dibuktikan dengan didirikannya badan khusus yang mengurusi ekonomi kreatif ini,” kata Triawan.

Munaf dalam slidesnya memaparkan bahwa ekonomi kreatif merupakan kekuatan ekonomi dunia saat ini karena berhasil menghasilkan setidaknya 4,3 triliun USD yakni sekitar 6,3 persen dari PDB dunia adalah pendapatannya, bahkan 20% lebih besar dari ekonomi Jerman.

Sementara itu, Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) yang juga merupakan bagian dari HIMPUNI mengutus beberapa pengurusnya menghadiri seminar dan dialog nasional ini.

Pengurus IKA Unhas yang hadir antara lain, Ir. Haedar A. Karim (Ketua Ikatan Alumni Teknik Unhas), Ir. Sapri Pamulu, PhD (Wakil Sekjend IKA Unhas), Ir. Habibie Razak (Ketua Badan Otonomi Pengembangan Profesi Insinyur), Suardi Herik (Wakil Sekretaris Eksekutif IKA Unhas), Laode Atri Munanta dan beberapa pengurus IKA Unhas lainnya.

Acara ini dihadiri oleh setidaknya 1500 peserta dari berbagai komponen dan profesi penggiat ekonomi kreatif memenuhi ballroom JIEXPO Kemayoran.

Keunikan dan kelucuan Cak Lontong sebagai moderator pada seminar dan dialog nasional HIMPUNI kali ini juga merupakan daya tarik tersendiri buat para milenial mengikuti acara ini hingga selesai.

Sumber Berita

Unhasian.com adalah platform media komunitas. Setiap penulis bertanggungjawab atas tulisannya masing-masing.

Jangan Lewatkan: