Semarak Gerak Jalan Santai & Tudang Sipulung Dalam Rangka HUT ke-54 IKA UNHAS

Sejuknya pagi di hari Minggu 26 Maret 2017 menjadi saksi kehangatan pertemuan ratusan alumni Universitas Hasanuddin pada acara Jalan Santai dan Sepeda Santai dalam rangka 54 tahun IKA UNHAS. Acara ini diselenggarakan oleh IKA UNHAS bertempat di Wisma Serbaguna Gelora Bung Karno senayan. Acara jalan santai sendiri bertepatan dengan Car Free Day dan juga mengambil rute Car Free Day.

Registrasi sudah dimulai sejak pukul 6 pagi, diiringi dengan pengarahan dari Sofyan ‘Doi’,pengarah acara yang kocak dan menghibur sekaligus sebagai instruktur senam poco-poco. Sejak pagi, mulai berdatangan alumni dan petinggi dari kampus UNHAS. hadir di antaranya Prof.dr.DR Idrus Paturusi mantan Rektor UNHAS sekaligus sebagai Ketua Harian IKA UNHAS, Wakil Rektor III UNHAS Dr Ir Abdul Rasyid Jalil MSi yang akrab disapa Kak Cido’. Hadir pula pendiri Korpala seperti Prof. Dr.A.Arsunan Arsin yang biasa disapa Kak Cunang serta mantan tokoh mahasiswa Unhas Prof.DR.Amran Razak, SE.

Setelah registrasi ditutup, acara jalan santai dimulai pukul 08.00 dengan mengambil rute FX-Jembatan Semanggi-Bundaran Senayan-FX lalu kembali ke Wisma Serbaguna Gelora.  Rombongan peserta gerak jalan santai dan bersepeda yang sebagian besar datang dengan keluarga masing-masing terlihat begitu bersemangat. Nampak beberapa membentuk kelompok kecil sekaligus bernostalgia satu sama lain. Alumni Unhas yang berusia separuh baya tidak kalah semangatnya dengan yang muda-muda, ikut menjajal rute sejauh lebih kurang 4 km.

Setelah mengikuti jalan santai dan bersepeda, peserta disambut dengan berbagai kuliner khas Makassar yang merupakan swadaya alumni di gedung Serbaguna Senayan. Ada bassang, putu cangkir, jalang kote, doko-doko unti dan sebagainya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan agenda Tudang Sipulung dengan tajuk, ‘IKA UNHAS, Lakekomae’ (IKA UNHAS, Mau Kemana?). Sambutan diawali dari Kak Cido’, WR III UNHAS yang menegaskan dukungan atas terselenggaranya jalan santai dan berharap kepengurusan pusat IKA Unhas yang baru saja dilantik dapat berbuat yang lebih optimal untuk kemaslahatan alumni. Sambutan berikutnya dari Prof.Idrus Paturusi selaku Ketua Harian, yang menyampaikan bahwa perlu itikad bersama untuk memajukan IKA UNHAS.

“Terlebih lagi menjelang suksesi kepemimpinan di Sulsel, IKA Unhas harus memberikan kontribusi dalam kepemimpinan di Sulsel termasuk memberikan kriteria calon pemimpin di Sulsel juga di tingkat Kabupaten/Kota,” ujar Prof.Idrus bersemangat.

Pada kesempatan berikut, Ketua IKA Fakultas Ekonomi Unhas, Hendra Nur Saleh, menyampaikan harapan agar IKA-IKA Fakultas dan Jurusan saling bersinergi satu sama lain untuk menyusun program bersama. “Melalui sinergi konstruktif lintas IKA Fakultas dan Jurusan maka kedepan, eksistensi IKA Unhas kian kokoh dan mampu memberikan sumbangsih terbaik bagi bangsa dan negara,”katanya dengan mata berbinar.

Bertindak sebagai moderator dalam acara tersebut adalah Andi Sanapsir Mahie yang memandu dengan penuh canda dan keceriaan. Sambutan-sambutan dari perwakilan IKA FAKULTAS yang pada umumnya mengharapkan bahwa IKA UNHAS bergerak menyelesaikan pendirian sekertariat. Ketua IKA Teknik Unhas Haedar.A.Karim menawarkan sekretariat sementara di Bidakara Menara Bina Sentra R.114. “Ini agar koordinasi, komunikasi dan administrasi kesekretariatan IKA Unhas dapat berjalan baik sampai dibangun sekretariat IKA Unhas yang definitif”, ujar beliau yang disambut tepuk tangan meriah hadirin. Prof. Idrus Paturusi kemudian berinisiatif memandu penggalangan dana untuk pendirian sekertariat dari perwakilan IKA FAKULTAS dan alumni perseorangan, dari penggalangan dana terkumpul 395 juta rupiah.

Acara istirahat diisi dengan menu ‘Kaddo minnya’ dan tumpeng serta coto Makassar. Peserta langsung “menyerbu” hidangan yang disediakan yang memang berasal dari, untuk dan oleh IKA Unhas. Tumpeng dan Kaddo’ Minnya’ merupakan sumbangan spontan dari IKA Fakultas UNHAS. Setelah istirahat, acara dilanjutkan dengan pembagian door prize, di antaranya 1 unit handphone S7 Edge 128 GB, 2 unit  Iphone 6, sepeda, digital blood pressure monitor dan berbagai hadiah menarik lainnya. Acara berakhir sekitar pukul 13.00 siang dan peserta yang hadir mengungkapkan kepuasan akan pelaksanaan acara tersebut dan berharap agar selalu ada agenda yang dapat menyatukan potensi alumni UNHAS.

Reportase oleh : Ahmad Musa Said & Foto-foto dari Muchlis Yusuf

Unhasian.com adalah platform media komunitas. Setiap penulis bertanggungjawab atas tulisannya masing-masing.

Jangan Lewatkan: