UNHASIAN.COM – Pandemi wabah virus Corona atau dikenal dengan COVID-19 semakin mengkhawatirkan, termasuk di Indonesia. Hingga kemarin (21/03) tercatat 369 kasus positif dan 32 diantaranya meninggal dunia.

Peningkatan jumlah pasien yang terinfeksi COVID-19 memang menunjukkan grafik eksponensial, bertambah berkali-kali lipat setiap harinya seiring dengan semakin banyaknya test diagnostik COVID-19 yang dilakukan rumah sakit.

Saat ini, sejumlah rumah sakit rujukan penanganan infeksi COVID-19 mengaku kewalahan menerima pasien suspect COVID-19 karena keterbatasan ruang isolasi dan minimnya alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis.

Untuk mencegah penularan terus berlanjut, pemerintah melalui sejumlah instansi terkait mewanti-wanti agar masyarakat mulai melakukan social distancing, dengan cara mengurangi aktifitas yang melibatkan banyak orang, menjaga jarak aman dari orang lain serta tidak keluar rumah jika bukan untuk hal yang sangat penting.

Menanggapi hal ini, advokat senior alumni Universitas Hasanuddin yang begitu populer di Kalimantan Timur Agus Amri, SH menyerukan kepada seluruh masyarakat agar mengindahkan petunjuk-petunjuk yang telah diberikan oleh otoritas kesehatan yang ada.

Dirinya berharap semoga bangsa Indonesia dan seluruh dunia segera pulih dari wabah yang memiliki tingkat penularan tinggi dan mematikan ini.

Jadilah anak rumahan dulu,” kata Agus Amri saat dimintai pesan untuk segenap alumni Universitas Hasanuddin menyikapi wabah COVID-19, Sabtu (21/03/2020).

Sebagai oleh-oleh, Agus Amri membagikan e-book bertajuk Panduan Menghadapi Virus Corona 2019 Model RRC yang disunting oleh Komisi Kesehatan Nasional RRC dan Administrasi Nasional Pengobatan Tradisional RRC yang dapat diunduh di sini. [aq/wa]