Periode Maret 2024, FKM Unhas Yudisium 75 Mahasiswa Sarjana, Magister dan Doktor

UNHASIAN.COM – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin kembali melakukan yudisium sekaligus pelepasan 75 orang alumni periode Maret 2024 tahun akademik 2023/2024.

Acara yudisium dan pelepasan alumni diselengarakan pada Rabu, 27 Maret 2024 di Aula Prof. Hardjoeno Sekolah Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin.

Kegiatan dihadiri oleh Pimpinan FKM yaitu Dekan, Para Wakil Dekan, Ketua Program Studi S1, S2 dan S3, Pimpinan Departemen, Guru Besar, IKA FKM Unhas, Lembaga Kemahasiswaan FKM Unhas serta tenaga kependidikan.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Wahiduddin, SKM, M.Kes melaporkan bahwa peserta yudisium FKM periode maret 2024 terdiri atas 17 orang Program Sarjana, 52 orang Program Magister, dan 6 orang dari Program Doktor.

Untuk program sarjana menurut predikat kelulusannya, dibagi menjadi dua. Yaitu sebanyak 4 orang lulus dengan Predikat Cumlaude dan sebanyak 13 orang lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Pada periode kali ini, Fakultas Kesehatan Masyarakat juga melakukan yudisium pada mahasiswa internasional asal Bangladesh yaitu atas nama Shahidul Islam dari Departemen Kesehatan Lingkungan.

Untuk lulusan program magister, predikat kelulusan pada tahun ini dibagi menjadi tiga. Yaitu sebanyak 1 orang dengan predikat memuaskan, 30 orang dengan predikat sangat memuaskan dan sebanyak 21 orang dengan predikat Cum Laude.

Pada tahun ini juga, perdana bagi FKM Unhas untuk melakukan yudisium pada lulusan S2 kesehatan lingkungan. Untuk program doktor, predikat kelulusan turut dibagi menjadi 2 yaitu sebanyak 1 orang lulus dengan predikat Cum laude dan sebanyak 5 orang lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Pada yudisium periode ini, sesuai SK Dekan nomor 00398/UN4.14/KEP/2024 tentang lulusan terbaik Program Studi S1, S2 dan S3 tingkat FKM Unhas terpilih Princess Stefani JIP dari Prodi S1  Ilmu Kesmas, Musdalifah dari Prodi S2 Kesehatan Lingkungan, dan Ferdy Salamat dari Prodi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Ketiga alumni terbaik mendapatkan penghargaan berupa sertifikat dan taplus masing-masing sejumlah Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah).

Pada acara yudisium tersebut juga dilakukan pula proses penyerahan secara simbolis lulusan kepada ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) yang di wakili oleh sekertaris IKA yaitu Dr. Arman S.KM.,M.Kes., yang turut memberikan sambutan.

“Yudisium bukanlah akhir, melainkan awal dari pembelajaran yang sebenarnya yaitu Universitas Kehidupan, sehinngga saya harapkan anda semua tetap semangat untuk kedepannya,” pesan Arman kepada peserta yudisium.

Dekan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes, M.Sc.PH, Ph.D, juga turut mengucapkan selamat kepada para lulusan atau peserta yudisium melalui sambutannya.

Dekan berpesan kepada alumni untuk berupaya mengupgrade diri dengan melakukan studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi.

Beliau juga berpesan untuk pandai-pandai melihat peluang agar dapat menempuh studi tidak hanya di dalam negeri namun juga memperluas cakupan lulusan dengan menempuh pendidikan di luar negeri, melihat banyaknya beasiswa dan program pemerintah yang dapat mendukung hal tersebut.

Terakhir dekan berpesan kepada alumni untuk memberikan kontribusi bagi program dana abadi Universitas. [via]

Unhasian.com adalah platform media komunitas. Setiap penulis bertanggungjawab atas tulisannya masing-masing.